Rabu, 28 Januari 2009 di 06.05 |  

(Durian adalah salah satu jenis buah-buahan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Pohon yang berasal dari biji sesudah berumur lebih dari 10 tahun baru berbunga. Bila berasal dari bibit okulasi, berbunga pada umur 8 tahun.

SYARAT TUMBUH
Durian menghendaki tanah yang subur, gembur, tidak bercadas, kedalaman air tanah 1-2 meter, kemasaman (pH) tanah 6 - 7. Tinggi tempat antara 400 - 600 meter di atas permukaan air laut. Di dataran rendah dapat juga ditanam durian asal curah hujan merata sepanjang tahun. Bila ditanam sampai 1000 meter di atas permukaan air laut buahnya tidak lebat. )

...

(DURIAN UNGGUL
Varietas durian unggul yang dikembangkan antara lain : Varietas Sunan, Sukun, Petruk, Sitokong, Mas, Perwira, Bokor, Sriwig. Umumnya varietas-varietas tersebut cukup tahan terhadap hama Tirathaba ruptilinea dan penyakit busuk akar Fusarium sp.

PERBANYAKAN TANAMAN
Durian diperbanyak dari biji, penyusuan, dan okulasi.

BERTANAM DURIAN

1. Persiapan lahan:
Durian bisa ditanam di pekarangan atau secara kebun. Jarak tanam 10 - 14 meter. Ukuran lobang 60 x 60 x 60 cm. Waktu membuat lobang, tanah galian bagian atas dipindahkan ke sebelah kanan lobang, tanah galian bagian bawah ke sebelah kiri lobang.

2. Penanaman:
Setelah lobang dibiarkan 2 - 4 minggu, tanah galian bagian bawah dikembalikan ke bagian bawah. Tanah galian bagian atas dicampur dahulu dengan 2 blek pupuk kandang. Bibit yang telah disiapkan ditanam pada tanah galian bagian atas yang telah dikembalikan ke lobang. Keranjang atau koker dibuang, penanaman sebatas leher akar. Tanah sekitar batang tanaman dipadatkan. Bila perlu diberi naungan dan penegak.

3. Penyiangan:
Dilakukan bila gulma telah tumbuh di sekitar tanaman. Gemburkan tanah di sekitar batang. Jangan merusakkan akar.

4. Pengairan:
Pengairan dilakukan bila dirasa perlu.

5. Pemupukan:
Pemupukan dilakukan dengan membenamkan seluruh dosis pupuk kandang dan setengah dosis NPK ke dalam lobang (rorak) yang dibuat di sekeliling batang tanaman tepat di bawah tajuk daun. Pupuk kandang dan NPK yang dibenamkan segera ditutup dengan tanah. Saat pemupukan di awal musim penghujan. Pada akhir musim penghujan separuh dosis NPK yang tersisa dipupukkan kembali, dimasukkan ke dalam tanah, tepat di bawah tajuk daun.

6. Pembentukan bentuk pohon:
Pohon durian umur 2 tahun dipangkas ujungnya kira-kira 2 cm, di atas mata tunas. Tunas yang tumbuh dibiarkan sampai usia setahun. Tunas yang tumbuh beraturan, tidak bersentuhan, dan tidak dalam satu garis lingkar tetapi masih tumbuh mengelilingi batang tanaman, dipelihara terus. Yang lain dibuang: Tunas-tunas liar, tumbuh kedalam, atau keatas, harus dibuang. Dahan .yang dipertahankan semuanya diarahkan ke samping. Bila perlu dengan perlakuan khusus.
Dosis per tanaman dan waktu pemupukan:
Umur
tanaman
Pupuk
Kandang
N P K
Penanaman
Enam bulan
Setahun
Dua tahun
Tiga tahun
2 blek
4 blek
6 blek
8 blek
10 blek
-
-
40 - 60 g
150 - 300 g
400 - 600 g
Seterusnya penambahan disesuaikan dengan umur tanaman

7. Hama dan penyakit :
Ulat T. ruptilinea menyerang buah durian. Untuk mengendalikannya penyemprotan insektisida dapat ditujukan ke buah. Busuk akar Fusarium dikendalikan dengan fungisida Benlate.

8. Pemetikan buah:
Pada umur 8 tahun durian yang berasal dari okulasi sudah berbunga. Bila buah terlalu lebat perlu dilakukan penjarangan dengan menyisakan 40 - 50 % saja. Buah durian yang matang di pohon akan jatuh dengan sendirinya. Untuk menghindari kerusakan karena jatuh, buah biasa diikat pada tangkainya sewaktu masih ada di pohon. Buah durian tua yang dipetik sebelum matang perlu diperam. Pemeraman dapat menggunakan karbit, daun lamtoro, atau daun sengon laut. (STM/02/93)

Sumber:
Anonim. 1985. Deskripsi Durian, mangga, apel, bawang putih. Dipertan Prop. Daerah Tk. I Jateng. Mahyudin Syam dan Hermanto 1993. Varietas Unggul Baru Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan. Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian Vol XV no 5 hal 5 - 6.)
Diposting oleh petani berdasi

0 komentar:

Visit the Site
Bila Anda belum menemukan cinta yang Anda inginkan, jangan buru-buru merasa unlucky in love. Karena kalimat bijak mengatakan, cinta akan datang saat kita tidak mengharapkannya. Bagaimana menurut Anda? -Copyright at Dhe To © 2009, All rights reserved