Jerami padi merupakan salah satu hasil ikutan pertanian terbesar di Indonesia yang jumlahnya kurang lebih 20 juta ton per tahun, produksinya bervariasi sekitar 12 - 15 ton per hektar atau 4 - 5 ton bahan kering per hektar satu kali panen, tergantung pada lokasi dan jenis varietas tanaman yang digunakan. Sebagian besar jerami padi tidak dimanfaatkan, karena selalu dibakar setelah proses pemanenan.

Sedangkan di sektor peternakan membutuhkan makanan ternak (pakan) yang harus tersedia sepanjang waktu dan sepanjang musim untuk menjaga agar produktifitas ternak tidak menurun.... Oleh karena itu, jerami padi sangat penting untuk dimanfaatkan menjadi makanan ternak ruminansia khususnya sapi potong, kambing dan domba agar dapat meningkatkan produktivitasnya, sehingga produksi daging akan meningkat yang akhirnya swasembada daging dapat tercapai.

MANFAAT DAN NILAI GIZI
Pemanfaatan jerami padi sebagai pakan ternak sapi potong, kambing, dan domba, agar dapat berdayaguna dan berhasilguna diperlukan suatu teknologi yang sederhana dan mudah dalam mengerjakannya, tetapi tetap berkualitas.

Teknologi tersebut antara lain melalui amoniasi. Amoniasi merupakan teknik perlakuan kimiawi dengan penambahan unsur N dari urea yang ditambahkan pada jerami, sehingga terjadi poses perombakan struktur jerami yang keras menjadi struktur jerami yang lunak, untuk meningkatkan daya cerna (digestibility) dan meningkatkan jumlah jerami yang dimakan (feed intake) oleh sapi.Jerami merupakan bagian dari batang tanaman padi tanpa akar yang dibuang setelah diambil butir buahnya. Jika jerami padi langsung diberikan kepada ternak sapi, daya cernanya rendah dan proses pencernaannya lambat, sehingga total yang dimakan per satuan waktunya menjadi sedikit.

Di samping itu jerami mempunyai nilai gizi jerami yang rendah karena kandungan proteinnya rendah. Melalui teknik amoniasi dapat mengubah jerami menjadi pakan ternak yang potensial dan berkualitas karena melalui amoniasi dapat meningkatkan daya cerna dan meningkatkan kandungan proteinnya.Prinsip dalam teknik amoniasi ini adalah penggunaan urea sebagai sumber amoniak yang dicampurkan ke dalam jerami. Amoniasi dapat dilakukan dengan cara basah dan cara kering.

Cara basah yaitu dengan melarutkan urea ke dalam air kemudian baru dicampurkan dengan jerami. Sedangkan cara kering ureanya langsung ditaburkan pada jerami secara berlapis. Pencampuran urea dengan jerami harus dilakukan dalam kondisi hampa udara (an-aerob) dan dibiarkan/disimpan selama satu bulan.
Urea dalam proses amoniasi berfungsi untuk menghancurkan ikatan-ikatan lignin, selulosa, dan silica yang terdapat pada jerami, karena lignin, selulosa, dan silica merupakan faktor penyebab rendahnya daya cerna jerami.Lignin merupakan zat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh ternak, terdapat pada bagian fibrosa dari akar, batang, dan daun tanaman dalam jumlah yang banyak. Selulosa adalah suatu polisakarida yang mempunyai formula umum seperti pati yang sebagian besar terdapat pada dinding sel dan bagian-bagian berkayu dari tanaman. Demikian juga silica tidak dapat dicerna oleh ternak.

Proses Pengolahan
1. Jerami(padi/jagung) ditimbangsesuaidenganjumlahyang diperlukan kemudian di potong potong dengan ukuran sekitar 10-15cm.
2. Tambahkan urea sebanyak 6% daribobot jerami yang di gunakan.
3. Misalnya jumlah jerami yang di olahsebanyak 50 kg dibutuhkan ureasebanyak 6% x 50 kg = 3 kg
4. Siapkan air bersih sebanding denganjumlah jerami yang di gunakan.Misalnya jerami 50 kg, diperlukan air50 liter. Jumlah air ini 30%digunakan untuk melarutkan ureayang telah ditimbang
5. Siapkan silo yang dapat dibuat darilubang dalam tanah sesuai denganjumlah jerami yang di olah. Selain itudapat digunakan drum, kontaineratau kantong plastik
6. Sebelum jerami di tumpuk, alas padadasar wadah di beri plastik.
7. Jerami yang telah di potong-potong dimasukan kedalam lubang, sehinggamembentuk lapisan setebal 10-20 cm,kemudian setiap lapisan di semprotdengan larutan urea secara meratadan setelah itu disemprot dengan airbersih. Jerami disusun sedemikianrupa sehingga membentuk tumpukanke atas.
8. Setelah penumpukan jerami selesai,tutup secara rapat denganmenggunakan plastik dan di simpanselama empat minggu.
9. Setelah penyimpanan, penutup dibukadan jerami dijemur hingga keringselanjutnya digudangkan sebagai stokpakan dan siap di gunakan sebagaipakan sapi.
10. Pemberian Pakan ke ternak :

Umur Sapi Pemberian Dosis
(tahun) (kali/hari) (kg/ekor)
1 - 2 - 5
2 - 2 - 5
3 - 2 - 8
4 atau lebih 2 - 9
Diposting oleh petani berdasi

0 komentar:

Visit the Site
Bila Anda belum menemukan cinta yang Anda inginkan, jangan buru-buru merasa unlucky in love. Karena kalimat bijak mengatakan, cinta akan datang saat kita tidak mengharapkannya. Bagaimana menurut Anda? -Copyright at Dhe To © 2009, All rights reserved