Kamis, 30 April 2009 di 16.39 |  
Sumber – Beberapa jenis pohon pisang yang pernah ada di Kabupaten Rembang termasuk langka, salah satunya adalah pohon pisang rojo sewu. Dusun Jenthir dan Dusun Nglakeh Desa Lohgede Kecamatan Sumber, pernah menjadi pusatnya tanaman super unik ini. Dikatakan unik, karena pisang rojo sewu buahnya berjumlah ribuan. Kondisi tandannya menggantung hingga menyentuh tanah, bahkan kerap kali harus diberi tiang penyangga supaya pohon tidak roboh.
...
Tetapi sayang sekali karena kurang kepedulian warga untuk membudidayakan jenis pisang tersebut, akhirnya lambat laun pisang rojo sewu kini menghilang. Jangankan untuk mencari buahnya, untuk mendapatkan bibit pohon pisangnya saja sudah tidak ada lagi. Termasuk ketika Reporter R2B mendatangi pusat pisang rojo sewu, di Dusun Jenthir Desa Lohgede Kecamatan Sumber. Ironisnya, banyak warga yang mengaku sudah lupa kapan terakhir melihat jenis pisang raja sewu.

Sukarmin, salah satu warga Dusun Jenthir Desa Lohgede mengatakan dulu sekitar tahun 1990 sampai dengan 2000 an pernah ada sejumlah pohon pisang rojo sewu milik salah satu tetangganya. Tetapi seiring berjalannya waktu, sang pemilik meninggal dunia dengan diikuti pohon pisang mati tak terawat dan sekarang untuk mendapatkannya lagi sangat sulit.


Banyak cerita ketika pohon pisang rojo sewu masih tegak berdiri. Hampir setiap hari, selalu saja ada warga dari Desa lain yang datang menonton atau iseng mencoba menawar untuk membeli bibit pohonnya.

Mereka cukup tertarik, karena buah pisang rojo sewu berbeda dengan pohon pisang pada umumnya.

Satu hal yang tak pernah dilupakan oleh warga adalah ketika masa panen pisang rojo sewu. Hampir seisi Dusun bisa mencicipi rasa manisnya pisang, karena jumlah buahnya yang cukup banyak. Memang tidak bisa kenyang kalau hanya makan 5 sampai 6 buah saja, karena ukuran buah pisang kecil kecil sebesar jempol tangan. Nah..cukup disayangkan apabila cerita cerita itu tampaknya tak bisa terulang lagi, karena kepedulian warga yang kurang untuk melestarikan keberadaan si rojo sewu.

Sekarang ini, sejumlah warga Desa Lohgede masih mempunyai pisang kidang, jenis pisang dengan kondisi dan pohon semua berwarna merah. Jangan sampai, nasib pohon kidang ini sama dengan pisang raja sewu. Musnah tanpa jejak.
Sumber : Radio R2B Rembang
Diposting oleh petani berdasi

0 komentar:

Visit the Site
Bila Anda belum menemukan cinta yang Anda inginkan, jangan buru-buru merasa unlucky in love. Karena kalimat bijak mengatakan, cinta akan datang saat kita tidak mengharapkannya. Bagaimana menurut Anda? -Copyright at Dhe To © 2009, All rights reserved